Cara Cek Sertifikat Vaksin

Buat kalian yang sudah melakukan vaksinasi covid-19 kali ini kami akan memberikan informasi bagaimana Cara Cek Sertifikat Vaksin pertama dan Vaksin kedua. Seperti yang kita ketahui semua bahwa saat ini pandemi virus covid-19 sedang melanda negeri ini dan belum berakhir.

Pemerintah sekarang ini sedang mengadakan program vaksinasi untuk seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Vaksinasi dilakukan karena bisa membuat banyak masyarakat yang akan terkena covid-19 bisa lebih sedikit resikonya.

Terbukti dari banyaknya orang yang ada dirumah sakit dan ada di asrama-asrama karantina sekarang ini, semakin berkurang jumlahnya. Karena hal ini pemerintah mewajibkan para masyarakat untuk bisa mengikuti program agar negara kita cepat pulih dan terbebas dari pandemi virus covid ini.

Meskipun begitu untuk kalian yang sudah mengikuti program pemerintah ini, kamu akan diberikan kelonggaran untuk bisa keluar rumah. Setelah adanya kebijakan seperti ini banyak masyarakat yang antusias mengikuti pelaksanaan program vaksinasi.

Karena tak sedikit dari para masyarakat yang jenuh dan mengeluh ingin keluar dari rumah agar bisa mencari penghasilan untuk menghidupi keluarganya. Setelah melakukan program vaksinasi baik yang pertama ataupun kedua kamu akan mendapatkan sertifikat vaksin covid.

Sertifikat ini bisa kalian gunakan untuk beraktivitas seperti misalnya berpergian jarak jauh, jalan ke mall dan banyak aktivitas lainnya. Maka dari itu jika kamu sudah melaksanakan program ini, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengecek dan mengunduh sertifikat tersebut.

Tentang Peduli Lindungi

Tentang Peduli Lindungi

Sebagai masyarakat kita seharusnya mengikuti program yang telah ditetapkan pemerintah dan diberlakukan ini. Jika kamu sudah melakukan vaksinasi covid-19 biasanya harus menunjukkan sertifikat yang akan diberikan agar bisa beraktivitas diluar rumah.

Namun banyak dari masyarakat Indonesia yang masih belum mengetahui bagaimana Cara Cek Sertifikat Vaksin serta mendownloadnya. Karena setelah melakukan vaksinasi, para petugas dilapangan akan otomatis langsung mengirimkan sertifikat vaksin tersebut.

Sertifikat itu dapat kalian cek dan download dengan menggunakan beberapa cara yaitu melalui Situs Peduli Lindungi, Aplikasi Peduli Lindungi dan SMS. Jika mengaksesnya dengan website atau aplikasi Peduli Lindungi id, nantinya akan ditampilkan secara detail mengenai sertifikat yang kalian miliki.

Tidak hanya sertifikat vaksin pertama dan kedua saja, namun ada lokasi serta tanggal pada saat kamu melakukan program vaksinasi akan di tampilkan disana. Disini kami mengingatkan kepada teman-teman semua agar bisa menjaga keamanan yang kamu miliki agar tidak disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab.

Apabila kalian ingin mengetahui bagaimana Cara Cek Sertifikat Vaksin dan juga cara mendownloadnya pada Smartphone yang kalian miliki.

Silahkan simak ulasan yang akan diberikan BioEconomyConference.org berikut ini sampai dengan selesai agar kamu semua memahami.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Dengan Website Peduli Lindungi ID

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengakses website resmi yang Peduli Lindungi sarankan. Karena seperti yang sudah diketahui banyak masyarakat Indonesia yang tidak mempunyai ruang penyimpanan ponsel yang banyak.

Untuk memudahkan hal tersebut pihak Peduli Lindungi menghadirkan Website yang bisa diakses dengan mudah tanpa perlu mengunduh aplikasi. Kegunaan website ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi aplikasi, bagi kalian yang tidak memiliki memori yang cukup cara ini bisa kalian gunakan.

Jika kalian bingung bagaimana cara untuk bisa mengecek sertifikat dengan website resmi Pedulilindungi.id, silahkan simak langkah nya dibawah ini.

  • Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan membuka “Browser” yang kalian punya di ponsel.
  • Selanjutnya masukkan nama web resminya “https://pedulilindungi.id/” pada kolom pencarian browser.
  • Tarik kebawah dan pilih menu “Daftar” apabila kalian belum memiliki akun, jika sudah memiliki langsung saja klik “Login” agar bisa masuk ke website.
  • Kemudian Peduli Lindungi akan memberikan “Kode Verifikasi” yang harus kalian input pada laman web tersebut jika kalian belum memiliki akun.
  • Jika sudah klik menu “Sertifikat Vaksin” pada tampilan aplikasi.
  • Berikutnya kalian akan diminta memasukkan Nomor Induk Kependudukan(NIK) yang ada pada KTP kalian masing-masing.
  • Langkah selanjutnya kalian harus mengklik pilihan “Download atau Unduh” untuk bisa mengunduh dan menyimpan sertifikat tersebut.

Seperti yang kami bahas tadi kalau aplikasi atau website ini akan menampilkan detail informasi mengenai vaksinasi kamu. Apabila kalian baru melakukan program vaksinasi pertama maka yang akan muncul dilayar hanyalah seritifikat vaksin dosis satu.

Begitupun dengan sertifikat dosis kedua, jika kalian sudah melakukan kedua vaksinasi maka aplikasi atau web ini akan menampilkan kedua sertifikat tersebut.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Dengan Aplikasi Pedulilindungi.id

Cara selanjutnya yang bisa kalian jadikan referensi adalah dengan mengunduh atau mendownload aplikasi resmi dari Peduli Lindungi. Dengan melakukan cara ini kalian dapat dengan sangat mudah mengaksesnya kapan dan dimana saja yang kalian mau.

Walaupun aplikasi ini sebelumnya hanya digunakan untuk memberi informasi mengenai masyarakat yang terkena virus covid-19.

Sekarang dalam penggunaan aplikasi ini kalian dapat menggunakannya untuk mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin yang telah kamu miliki.

Jika kalian ingin tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi resmi ini, yuk simak pembahasan berikut ini.

  • Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh “Aplikasi Peduli Lindungi” pada handphone kamu, lalu buka apk tersebut.
  • Selanjutnya silahkan pilih menu “Daftar” jika kalian belum pernah memiliki akun, namun jika sudah bisa langsung mengklik menu “Login”.
  • Jika kalian belum memiliki akun, pihak Peduli Lindungi akan memberikan “Kode Verifikasi” yang harus dimasukkan pada aplikasi.
  • Berikutnya silahkan pilih menu “Sertifikat Vaksin” yang ada pada aplikasi satu ini.
  • Nantinya kalian akan diminta untuk menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada pada KK atau KTP milik kalian.
  • Apabila sudah memasukkannya, selanjutnya yang harus dilakukan adalah klik menu opsi “Download atau Unduh”.
  • Selesai.

Jika langkah atau cara-cara diatas berhasil, nantinya sertifikat kamu akan otomatis tersimpan di galeri ponselmu. Kalian bisa menggunakan sertifikat vaksin tersebut apabila nanti sewaktu-waktu dibutuhkan untuk syarat melakukan aktivitas diluar rumah.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Melalui SMS

Apabila teman-teman semua tidak ingin melakukan cara-cara diatas, kalian bisa menggunakan cara dan langkah ini. Cara yang satu ini terbilang sangat mudah, karena memang pada saat kalian melakukan vaksin kamu akan diminta memberikan nomor handphone aktif.

Tujuan dari diminta nomor Hp aktif ini adalah agar membuat para petugas mudah melakukan pengiriman sertifikat yang kamu punya. Biasanya isi dari pesan yang akan dikirim kepada kalian berupa informasi mengenai jadwal atau tanggal untuk kamu melakukan vaksinasi kedua.

Informasi ini berlaku buat teman-teman yang baru melaksanakan program vaksinasi dosis pertama covid-19. Selain pesan yang dikirimkan itu ada juga pesan berupa link atau tautan yang bisa diakses untuk mendownload dan mengecek sertifikat yang kamu dapatkan.

Jika sudah diberikan link yang di kirim melalui SMS oleh petugas, selanjutnya kalian hanya harus mengisikan data pribadi yang akan diminta. Tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan pesan link berupa sertifikat vaksinasi tersebut, hanya sebagian orang saja yang mungkin mendapatkannya.

Buat kalian yang sudah menunggu lama dengan cara SMS ini dan tak kunjung dikirimkan, silahkan ikuti langkah-langkah yang BioEconomyConference.org berikan diatas tadi.

Nah, mungkin itu saja informasi mengenai Cara Cek Sertifikat Vaksin kali ini yang dapat kami sampaikan untuk teman-teman semua. Kalian bisa melihat informasi lebih banyak dengan rajin mengunjungi website kami ini agar mendapatkan lebih banyak manfaat.

Terimakasih kami ucapkan pada teman-teman semua yang sudah berkunjung di laman web kami ini, sampai jumpa pada kesempatan lainnya.